Informasi Codec

March 10, 2015 in Uncategorized

Selamat Pagi semuanya…..
maaf karena kesibukan saya jadi jarang menulis di blog ini hehehe 😀

oke kali ini saya akan menuliskan tentang APAKAH ITU CODEC ??

Banyak diantara kalian yang mungkin pernah mendengar istilah codec, tapi tahukah kalian apa sih sebenarnya codec itu ?Definisi umum yang diketahui dari codec adalah sebuah jenis file yang digunakan untuk memainkan file audio atau video yang memiliki format lain seperti avi, 3gp, dsb.

Namun hanya sedikit yang mengetahui arti codec yang sebenarnya. Codec adalah singkatan dari Code-Decoder (sebagian menyebutnya Compressor-Decompressor) dan digunakan untuk menjelaskan segala sesuatu yang mengubah data kedalam bentuk lain untuk disimpan atau transimisi, dan mengubahnya kembali agar dapat digunakan.

Dalam siaran tradisional, adalah peralatan dalam bentuk fisik yang mengubah video analog dan data audio kedalam bentuk digital untuk disiarkan. Ini juga mempunyai kemampuan untuk mengubah informasi digital yang diterima kembali dalam bentuk analog.

Dalam komputer, codec adalah cara mengkompres video, gambar dan audio kedalam ukuran yang mudah diatur. Kebanyakan codec menggunakan metode kompresi “lossy (hilang)”, namun ada beberapa yang “lossless-tidak hilang”. Codec yang lossless seperti MSU atau Huffyuv, menghasilkan kembali video yang asli tanpa ada data yang hilang ketika dikodifikasi kembali. Kebanyakan codec lossy menghilangkan beberapa informasi yang tidak perlu tapi dapat menghemat space.

Codec lossy dapat berupa transformatif, prediktif, atau gabungan dari keduanya. Codec transformatif memotong gambar atau suara asli dan menggabungkannya dalam space yang lebih efesien, kemudian baru dikodifikasi. Codec yang prediktif membandingkan sekumpulan data yang dekat satu sama lainnya, dan menghapus informasi yang berlebihan untuk menghemat ukuaran file. Ada banyak bentuk codec, setiap codec berupaya untuk menjaga kseseimbangan antara data yang hilang dengan ukuran data.

Tauau dalam istilah lain, codec berarti juga bisa disebut Compressor-Decompressor atau Coder-Decoder. Ada 3 jenis utama codec dengan fungsi masing-masing. Ketiga codec tersebut adalah Audio codec, Video codec dan Data Codec.

1. Audio codec
Sebuah Audio codec digunakan untuk compress atau decompress file audio digital yang berfungsi sebagai media untuk dimainkan pada pemutar musik seperti windows media player, real player, dsb. Kebutuhan codec ini akan timbul saat player kita tidak dapat memainkan sebuah file audio yang memerlukan codec tertentu untuk memainkannya. Windows Media Player 11 mampu memainkan hampir seluruh type file audio dan juga telah mendukung jenis audio codec yang lain. Beberapa jenis audio codec antara lain adalah Apple Lossless, MPEG-4 ALS, Direct Stream Transfer DST, FLAC, LA Lossless Audio, Monkey’s Audio APE, RealAudio Lossless, Windows Media Audio 9 Lossless, dsb.

2. Video Codec
Video codecs memiliki fungsi yang sama dengan audio codec, perbedaannya hanya codec ini berfungsi untuk file video. Karena perkembangan teknologi, kini data dapat disimpan dalam format digital, dibandingkan dengan teknologi terdahulu saat data hanya dapat disimpan pada pita, sebagai signal analog. Dengan adanya video codec sekarang kita dapat menonton file video dalam berbagai format berbeda.

3. Data Codec
Data codec digunakan untuk meng-compression/decompression data. Quick time player secara otomatis akan melakukan compresses/decompresses terhadap track audio dan video dengan bantuan video dan audio codec namun tidak mampu untuk compress / decompress data. Oleh karena itu, fungsi utama dari data code adalah untuk compress / decompress data, berbagai bentuk blok dan model 3D.

Jadi dalam pengertian sederhana codec adalah sesuatu yang membantu media player untuk melakukan encode dan decode signal digital atau data stream.

 

Oke sekian dulu penjelasannya yah
apabila ada yang ingin ditanyakan silakan tapi NO SARA ya 😀
terima kasih

Cara menghilangkan jerawat dengan Photoshop

February 27, 2015 in Uncategorized

Assalamualaikum wr.wb

Halooooooooooooo~~~~~~
selamat malam semua, ini pertama kalinya nulis ngetik di blog loh hahaha sebelumnya saya ga pernah mengetik 😀
oke saya akan bertanya pada kalian, apakah kalian mengenal Adobe Photoshop ?? ga mungkin ga tau dong…….
yaps itu adalah aplikasi buatan adobe yang fokus untuk mengediting format image mulai dari bmp hingga RAW…..
sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini…

 

Baiklah saya akan membagi tutorial yang sederhana untuk editing foto kalian looooh 😀

Bagi kalian yang suka memposting foto profilnya di Facebook, Twitter, dll, kalian pernah ga sih ngerasa di wajah kalian ada sesuatu yang mengganggu ??? misalnya ban becak jerawat misalnya ?? atau noda di wajah ??
Tenang sekarang ga usah pake cream macem-macem deh, dengan Photoshop semua beres kok hehehe 😀
Tapi jangan keseringan yaaaa, ntar disebut Muka photoshop ehhehehehe 😀

  • pertama, kalian buka dulu Adobe Photoshop, disini saya mengunakan ADOBE PHOTOSHOP CS 5. ( kalian dapat mengunakan photoshop versi terbaru ataupun versi yang dulu , karena inti penggunaannya  sama.)
  • Siapkan foto kalian/ seseorang yang akan kita hilangkan wajah jerawat  pada fotonya. Untuk lebih memahami silahkan gunakan gambar yang telah saya siapkan. silahkan save terlebih dahulu. setelah itu, pada Photoshop Tekan Ctrl + O.

JERAWAT1

  • Oke kita akan mulai menghilangkan jerawatnya. Ssebelum itu mari kita duplicate layer dengan cara tekan Ctrl + J .

jearwat2

  • Kita akan menghilangkan Noda Dan Jerawat pada foto tersebut dengan menggunakan Patch tool . Sebenarnya banyak cara dalam mengilangkan Noda dan jerawat . kenapa saya memakai Pacth tool ? karena itu mudah banget digunakan baik bagi pemula seperti saya maupun yang sudah mengerti Photoshop.  mari kita Klik Patch Tool

jerawat3

  • cara penggunaan Patch tool cukup mudah kan , kalian langsung saja klik bagian yang ada noda atau jerawatnya dan lingkari pada bagian tersebut.

jearwat4

  • Setelah  Melingkari Pada Bagian tersebut , selanjutnya Klik dan tahan lalu geser ke bagian yang bersih (Tidak terdapat Noda Maupun Jerwat) .

j5

  • Lakukan terus sampai Jerawat benar-benar Hilang . Hmm langkah ini memang perlu ketelitian dan sabar, agar hasilnya lebih maksimal dan memuaskan 😀

j6

  • Jika sudah selesai mari kita maksimalkan hasilnya , memang noda dan jerawat sudah hilang , tapi pada bagian tersebut kurang rata/halus. Langkah selanjutnya kita akan menyeleksi bagian yang akan kita haluskan . mari kita gunakan Pen Tool

j7

  • Jika kalian tidak terlalu bisa menyeleksi menggunakan Pen tool , silahkan kalian menggunakan Lasso tool .
    Cara penggunaan Pen tool Cukup mudah, kalian tinggal mengklik lalu klik lagi pada bagian lain dan sesuaikan. next…………

j8

  • Untuk mengubah GARIS pada Pen Tool , Klik kanan ===> pilih Make Selection ===> klik OK . lihat gambar

j9j10

 

  • Setekahn terseleksi langsung saja kita mulai menghaluskan wajah tersebut . dengan cara Klik Menu Filter ===> Blur ===> Gaussian Blur.

j11

  • Mari kita Atur Radius-nya menjadi 10.0  . Kalian bisa atur sesuai selera, yang penting hasil bisa lebih maksimal. setelah selesai mari klik Ok . kalian bisa melihat sendiri hasilnya.

j12

  • Untuk menghilangkan Seleksinya tekan Ctrl + D.
  • Selanjutnya kita mencerahkan muka tersebut. dengan cara Klik Image ==> Adjustments ==> Curves. atau tekan tombol kombinasi CTRL + M.
  • OKEEE FINIIISHHH kalian lihat hasilnya seperti ini. bisa melihat sendiri perbedaanya. hehehehe 😀

j13

Baiklah sudah selesaiiii kali ini kalian bisa menghilangkan jerawat, noda, komedo, dll sesuka hati hihihihi 😀

(picture from google and rajatutorial.com)

 

 

 

Skip to toolbar